top of page
Writer's pictureAnya Dhari

Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Akan Keamanan Siber di Era Digital

Saat ini, kehidupan manusia semakin praktis dan cepat seiring dengan kemajuan teknologi. Kemudahan yang saat ini dirasakan dari berbagai macam aspek, teknologi dan platform digital kini digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari situs web, aplikasi hingga platform digital lainnya. Namun, dibalik kemudahan itu menyimpan ancaman serangan siber yang mengintai dan berbahaya. Oleh karena itu setiap orang perlu memiliki kesadaran akan pentingnya keamanan siber atau yang disebut sebagai cyber security awareness.


Kesadaran akan keamanan siber ini perlu ditingkatkan karena penjahat siber kini semakin terampil dalam menjalankan serangan dengan metode-metode baru. Keamanan dalam dunia IT menyangkut pada keamanan informasi dan data yang merupakan sebuah aset penting baik untuk individu ataupun organisasi dan perusahaan. Pada artikel ini, akan membahas apa yang dimaksud dengan security awareness, alasan mengapa kesadaran keamanan itu sangat penting dan apa saja komponen utama serta langkah-langkahnya? Simak artikel berikut ini!


Apa itu Security Awareness?

Security awareness merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memusatkan perhatian kita untuk bisa menangani berbagai permasalahan keamanan di dunia siber. Kesadaran akan keamanan siber dalam hal ini merupakan bagian dari upaya optimalisasi keamanan siber itu sendiri. Setiap individu seharusnya memiliki kesadaran dan wawasan dasar terkait masalah keamanan informasi serta tindakan yang diperlukan untuk melindungi informasi dan data. Hal ini dilakukan dalam suatu perusahaan yang memiliki informasi dan data penting yang tersimpan dalam sistem atau jaringan dan dikelola oleh karyawan. Maka, setiap karyawan harus dibekali pengetahuan dan kesadaran akan keamanan agar rahasia dan informasi berharga milik perusahaan menjadi lebih aman dan mengurangi risiko terhadap serangan siber dan peretasan.


Mengapa Kesadaran Keamanan Siber Penting?

Serangan siber dapat datang dari segala arah dan segala bentuk, mulai dari phishing, malware hingga serangan ransomware. Para penjahat siber ini akan memanfaatkan kelalaian manusia seperti sering mengklik tautan yang tidak aman atau mencurigakan dan mengunduh file yang mencurigakan. Tanpa mereka sadari, tindakan yang mereka lakukan dapat menjadi celah sebagai jalan masuk ke sistem. Dengan meningkatkan kesadaran keamanan, pengguna dapat memahami tanda-tanda bahaya dan melindungi diri dari ancaman ini.

Organisasi yang memberikan edukasi tentang keamanan siber kepada karyawan mereka, dari level staf hingga manajer, mampu menciptakan barisan pertahanan terkuat. Hal ini karena serangan siber tidak hanya menargetkan perangkat atau sistem, tetapi juga memanfaatkan kelemahan manusia sebagai celah utama.


Apa Saja Komponen Utama Security Awareness?

Terdapat beberapa komponen utama yang menjadi tolak ukur efektifnya sebuah program kesadaran keamanan (security awareness), yaitu:

  • Pelatihan dan Pendidikan

Setiap karyawan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan perlu diberikan pendidikan dan pelatihan yang baik tentang masalah-masalah dan risiko keamanan siber. Hal ini termasuk ancaman serta praktik-praktiknya. Pelatihan ini dapat dilakukan dengan cara kursus, seminar atau workshop.

  • Manajemen Risiko Keamanan

Setelah para karyawan diberikan pelatihan, perusahaan harus merancang sebuah prosedur untuk karyawan agar bisa mengidentifikasi, menilai serta mengelola risiko keamanan siber yang mengintai.

  • Melakukan Tindakan Terhadap Masalah Keamanan

Karyawan yang telah mampu mengidentifikasi risiko keamanan juga perlu memahami bagaimana cara merespons dan melakukan tindakan apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi insiden keamanan. Hal ini termasuk melakukan langkah pencegahan atau langkah darurat jika ditemukan aktivitas yang mencurigakan.

  • Penggunaan Teknologi Keamanan

Untuk bisa mengoptimalkan kesadaran akan keamanan yang tersedia dan mengajarkan karyawan cara menggunakannya. Teknologi seperti firewall, antivirus dan threat intelligence dapat membantu para karyawan untuk memitigasi ancaman siber dengan lebih mudah dan efisien.


Bagaimana Cara Membangun Security Awareness?

Security awareness training adalah sebuah program yang biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan kesadaran dan wawasan individu terhadap isu keamanan siber. Program tersebut merupakan upaya dalam membangun security awareness. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Melibatkan Berbagai Macam Pihak dari Berbagai Tingkatan

Langkah awal sebelum memulai program ini adalah untuk memastikan setiap individu dari berbagai tingkatan. Hal ini dilakukan karena kesadaran keamanan merupakan kewajiban bagi semua individu mulai dari staf hingga level eksekutif.

Dengan bersinergi antara setiap individu dari berbagai level diperlukan agar program pelatihan dan kesadaran keamanan dapat berjalan dengan sukses dan dapat menciptakan budaya keamanan siber di perusahaan.

  • Membuat Prosedur dan Kebijakan Keamanan Siber

Perusahaan kemudian harus membuat prosedur dan kebijakan terkait keamanan siber yang akan dijalankan oleh setiap individu dalam perusahaan. Prosedur dan kebijakan ini meliputi ancaman apa saja yang umum ditemukan dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika serangan tersebut terjadi, termasuk juga cara mencegah dan mengurangi risikonya.

  • Menjalankan Pelatihan dan Pendidikan Keamanan

Pelatihan dan pendidikan keamanan harus meliputi wawasan terhadap berbagai ancaman siber seperti malware, social engineering, phishing, serta pengetahuan tentang kata sandi. Pelatihan ini dapat dilaksanakan secara rutin atau sebagai program khusus dalam penerimaan karyawan baru.


Meskipun program membangun kesadaran keamanan siber ini penting, namun dalam pelaksanaannya tidak selalu mudah. Terdapat beberapa tantangan yang sering dihadapi, yaitu:

  • Kurangnya Pemahaman Teknologi

Di sebuah perusahaan pasti tidak semua karyawannya memiliki latar belakang teknologi yang memadai untuk memahami ancaman siber dengan baik

  • Perkembangan Ancaman yang Sangat Cepat

Teknologi dan ancaman siber sering beriringan yang artinya semakin cepat perkembangan teknologi, maka semakin cepat juga ancaman di dalamnya. Sehingga kesadaran yang sudah dibangun bisa saja tertinggal jika kita tidak terus memperbaikinya.


Kesadaran keamanan siber atau security awareness merupakan investasi jangka panjang yang harus dilakukan oleh setiap individu dan perusahaan. Dengan pengetahuan yang tepat, langkah pencegahan yang kuat dan kewaspadaan yang terus diperbarui, serangan siber dapat mudah dicegah secara lebih baik. Melakukan pelatihan, memanajemen risiko keamanan, menentukan respon atau tindakan yang dilakukan jika terjadi serangan siber adalah inti dari membangun security awareness.


Commentaires


bottom of page